Andakah salah satunya?

Tersiar kabar 1700 PNS dikenai sanksi akibat menyalahgunakan internet pada saat jam kerja. Sanksinya bermacam-macam ada yang diperingatkan, mengundurkan diri bahkan sampai dipecat. Beruntung aturan ini berlaku di negerinya Ratu Elizabeth, di Indonesia belum dan semoga tidak pernah ada aturan semacam ini.

Menyoroti masalah penggunaan internet pada saat jam kerja, ini cukup menohok hati kecil saya. Karena saya pun juga sering berinternet pada jam kerja. Meskipun pekerjaan saya memang membutuhkan koneksi internet, tapi perbandingannya cukup mencengangkan apabila dibandingkan dengan aktifitas blogging, dan beremail.

Menurut saya, di Indonesia belum bisa diterapkan peraturan tentang larangan ini. Bukankah di Indonesia ini lebih mengutamakan absen kehadiran karyawannya dari pada kualitas SDM-nya? Masih inget dengan kartu absen? Bukan rahasia publik lagi, di Indonesia masih ada banyak yang menggunakan mesin absen seperti itu. Bukankah mudah bagaimana cara ngakalinnya?

Anda yang biasa menemuinya didekat pos satpam atau pintu masuk gedung perkantoran pasti lebih tau bagaimana cara ngibuli alat ini. Mudah saja, tinggal kerja sama dengan rekan kerja yang rajin datang pagi tinggal nitip saja “Tolong aku diabsenkan dulu ya! Saya lagi bla bla bla…..”, habis perkara! Mau dikroscek diakhir bulan sama atasan ya bisa dipromosikan jadi karyawan telatan teladan. Padahal jam makan siang baru nampak markir sepeda motor.

Ada cerita dari seorang wartawan senior, bahkan pernah dijadikan sebagai berita opini dalam sebuah media masa “Ketika Manager membeli waktu para pegawainya”, merupakan hasil pengamatannya di lapangan, bahwa para pegawai yang datang pagi pun setelah absen di mesin itu tidak langsung segera bekerja tetapi justru duduk-duduk ngobrol ngalor-ngidul di kantin sambil menikmati rokok dengan secangkir kopi kental.

Bukankah masih mending ada karyawan seperti saya yang datang pagi-pagi absen terus cek email, blogwalking sambil memonitor server mesin hitam besar meski hanya dengan akses internet yang ngos-ngosan? Pokoknya yang penting komputer hidup dulu dan selalu ada ketika 334 itu berdering dengan lantangnya, bukannya apa-apa siapa tau itu panggilan untuk tandatangan diawal bulan -harap-harap cemas-.

Kembali ke peraturan di Inggris tadi, saya tidak berharap kalau peraturan ini diterapkan di Indonesia sebelum benar-benar bisa menggantikan mesin absen itu dengan alat yang lebih modern, misalnya absen dengan deteksi IP-Address ketika Komputer dihidupkan dan dimatikan, bukankah ini lebih real able -meskipun masih tetep bisa dititipkan sama teman di meja sebelah-. Teknologi secanggih apapun masih bisa diakali dengan SDM Indonesia.

Semuanya kembali ke pribadi masing-masing, apakah mau disebut makan gaji buta dengan sedikit bekerja dan terus berinternet pada jam kerja? -glek, dalem banget menohok di hati saya-. Lebih-lebih malah sibuk download lagu yang jelas-jelas tidak diperkenankan download dari judul lagunya.

Misalnya, peraturan di Inggris tadi diterapkan di Indonesia, satu pertanyaan saya “Andakah salah satunya?” yang bakal terkena imbasnya? Diperingatkan dengan lisan, di paksa mengundurkan diri atau bahkan DIPECAT?

Nb: karena di tempat saya kerja ndak pake mesin absen, saya comot gambar di atas dari sini.

25 comments

  1. penyalahgunaan internet???
    bukannya guna internet emang buat browsing???
    kalo internet buat timpuk timpukan emang itu salah.. apalagi kalo internet buat lauk makan.. itu tambah salah….

    lagipula saya juga bukan PNS… hehehehe

  2. haha,,kekna kalo diterapkan di endonesa,saya juga kena neh,la wong pagi2 masuk jam 7 saya langsung buka kompie en blogwalking dan check chatbox di blog mp3 saya dulu,,eheheh,,kalo download lagu? hmm saya sudah tobat sejak kena ‘warning’ dari EDP na ni pabrik😀

  3. haha.. baca berita di detik tadi pagi itu memang seru. tapi kalau saya sih emang bekerja buat online. harus up to date terus. kalau ada sesuatu yang baru harus tahu. soalnya emang itu kerjaan nya. jaga koneksi kantor. nah, kalau emang kerja nya suruh masarin produk (marketing) offline, tapi kerjanya cuma blogwalking di internet, itu emang harus dipecat.

  4. @didut
    Semangat PAGI!!!!!!

    @aprikot
    ah saya tau, PNS kok suka jengjeng pada jam kerja😆

    @tooooopics
    sapa yang bilang internet buat diminum jal?

    @diditjogja
    Didit, aku ga suka gitu deh… *lirik yang suka nenggak fanta merah*

    @CakBowo
    Ga pake internet serasa ada dijaman batu gitu ya?

    @koolsonic
    gyahahaha…, saya ada teman rupanya *salaman*

    @sash
    saya doakan semoga dapat mertua PNS yang gemar blogwalking, nah loh!!

    @Freddy Hernawan
    Manager : “Saya liat belakangan ini kamu jarang ke lapangan sebagai marketing, apa sudah bosan kerja disini?”
    Marketing : “Jangan salah pak, saya punya model penawaran terbaru, lewat blogwalking!”
    Manager : “Blogwalking itu siapa? Cakep ndak?”
    Marketing : “!@#$%&*”

  5. @leksa
    Siyaall Saya ketangkap basah oleh pedaftar yang tak taunya juga blogger.
    Pesen kapucinonya satu jangan terlalu manis ya *mencoba mengalihkan pembicaraan😆 *

  6. berlaku buat pns aja oh mas ;))

    hahaha…saya termasuk yg bisa ditegur tuh. Gini ajah, tiap akhir minggu minta admin rekap pantauan website yg dibuka pegawai, kliatan tuh lebih banyak buka blogspot, WP, daripada browsing di google, ato malah kaskus ??😀

  7. bukan PNS tuh. Cuma emang agak nyebelin sih kadang ketemu PNS yang pagi² sudah berjalan-jalan di Mall.

    Kalo dia dikantor dan memanfaatkan internet sih gak masalah (menurut ak). he..

  8. @iks
    wodow…jangan! jangan! masih bisa diakali pake free proxy dan semacamnya….

    @rd Limosin
    Hmm, ke mall ya? asal ga jalan-jalan ke gazebo atau penginapan aja gpp😆

    @rozenesia
    Boleh, sudah bayar SPP to ya? *cek history pembayarannya Gun*

  9. ah, kalo kerja ndak boleh ngeblog, mending saya cabut dari kantor itu..

    *curhat*

    kasih aja benwit cupet bin pelit, dijamin kerjaan ndak bakal disambi browsing yg aneh-aneh..

  10. Menjadi seorang Pimpinan harus pandai memonitor bawahannya, jika staf yang dibawahnya telah mendapatkan target pekerjaan, yang dimonitor bulanan, maka tentu karyawan akan berpikir dulu karena target tak tercapai..

    Bagaimana jika pekerjaan berhubungan dengan komputer? Lha juga akan terlihat bagaimana hasil pekerjaannya…bukankah tugas seorang Pimpinan juga harus jalan-jalan keruangan anak buah, mengobrol, melihat apa yang lagi dikerjakan, diskusi jika mereka ada hambatan? Saya ingat bos saya dulu, jika mau ke luar kota, pasti ninggalin kerjaan banyak banget…dan tahu2 nelepon dari luar kota, menanyakan macam2, yang pada dasarnya memonitor apakah kita udah mengerjakan tugas itu atau belum.

    Pelajarannya: Jadi seorang Pimpinan, harus banyak ide untuk memberi tugas pada bawahan.
    Main internet tak masalah, karena para karyawan akan bisa mengatur sendiri waktunya, untuk menyelesaikan pekerjaan.

  11. weh, bapakku PNS tapi kayaknya bukan org yg termasuk kategori suka menyalahgunakan internet.

    paling2 bwt ngimel2 sm liat2 nile anaknya yg cantik ini :p

  12. @zam
    berarti status fakir benwitmu itu emang kamu inginkan dan sengaja dipertahankan bung

    @funkshit
    Bukan “saya” tapi “KITA”

    @ekowanz
    Tapi saya ini bukan PNS juga e, cuma numpang di kantornya PNS

    @edratna
    Mudah2an saya ndak jadi bawahan anda, karena sudah tau strategi untuk membuat sibuk bawahan, amiin :p

    @manda
    Ho’o ketok melok-melok kuwi…:lol:

    @jay
    *liat kalender* Ini udah 2007 bung!!!!

    @uthie
    Aku ga pernah baca bapakmu ngasih komen di blogmu Thie, sengaja dirahasiaken pow?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s