STOP Beri uang ke pengemis!

Satu langkah yang cukup bijak, akhirnya DPRD DKI Jakarta meloloskan Perda Ketertiban Umum yang salah satunya melarang untuk memberikan uang kepada pengemis dan gelandangan. Selain itu juga dilarang membeli sesuatu dari pedagang asongan. Bagi yang memberikan uang kepada pengemis terancam denda Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 20 juta atau kurungan dua bulan.

Akan lebih bijak lagi, jika pemda setempat memberikan alternatif pekerjaan bagi mereka, sehingga mereka tidak akan banyak alasan ketika peraturan ini diterapkan. Jangan sampai ada alasan untuk menolak pindah ke pekerjaan yang baru seperti ketika relokasi warga kolong jembatan tol yang menolak relokasi hanya karena alasan dengkul seperti laporan rekan saya Didit.

Semoga saja bisa diambil sisi positifnya, dan dengan larangan ini tidak mengurangi niat kita untuk berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu. Tidak harus uang yang bisa kita berikan kepada mereka, bisa pekerjaan bahkan cukup dengan do’a supaya dimudahkan dalam mencari rizki. Ingat, karena memberi ≠ uang.

10 comments

  1. waaah ini mslhnya pelik…banyak bercabang2 :p
    gelandangan trus mengemis karena apa? karena miskin? miskin karena apa? susah nyari kerja? susah nyari kerja karena apa? karena rata2 t4 kerja cuma nerima yg berpendidikan min sma? lha gmana mau sampai sma kl biaya masuk smp ama sma aj selangit gitu😦

    Makanya ini yang perlu ditegaskan kepada Pemda untuk memberikan alternatif pekerjaan bagi mereka.

  2. wah kalo inget kata dosen saya…
    “hari ini kayaknya banyak orang yang males. Mangkanya banyak pengemis. Liat aja, nggak kerja cuman ngatung doang atau ngamen sekarang juga nggak mutu cuman tepuk2 dah minta duit”
    ya saya kurang tau juga tapi yang sangat disayangkan adalah beberapa (atau mungkin banyak ) orang yang mengorganisir para pengemis untuk mengemis…
    dont knowlah :-??

  3. Salam .. for aloooong time ra ktmu..
    Tp kyne kita pernah saling mengenal…
    Mari kita ttp pertahankan silaturahmi tmn2 n alumni Stembayo..
    Sanadyan tebih ing netro, nanging tansah celak ing pandenganing manah..
    Marhaban Yaa Ramadhan 1428 H, maaf laer batin..

  4. Bagi yang memberikan uang kepada pengemis terancam denda Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 20 juta atau kurungan dua bulan.

    wah, gw malah baru denger kayak begini. ini sudah berlaku?

    btw, selamat menunaikan ibadah puasa, mas annots..😀 semoga tahun ini gak sia-sia… daaaan.. maafin kesalahan2 nisa yah.. huhuhu🙂

  5. temenq pernah ngamen di jalan kaliurang dari perempatan kampus mipa selatan sampai perempatan MM UGM dapet 20 ribu. dari jam 7-9. bandingkan dengan gaji operator warnet..

  6. Diajaran agamaku (islam) ada menyebutkan kita harus menyisihkan uang untuk orang yang kurang mampu aka bersedekah?
    Lha klo ngasih pengemis ga boleh? kapan kita bersedakahnya? apalagi ni mo memasuki bulan ramadhan

    Bersedekah tidak harus ke pengemis, bagaimana dengan saudara-saudara kita fakir miskin. Selamat bersedekah. Oh ya jangan lupa kepada saudara-saudara kita yang fakir bandwith ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s