Minder, Pe-De, Narsis

Semuanya berangkat dari Pe-De (Percaya diri) orang kulit putih biasa menyebut self confidence. Dari tetangga saya dapatkan pengertian Percaya diri bisa berarti juga bagian dari alam bawah sadar dan tidak terpengaruh oleh argumentasi yang rasional. Ia hanya terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat emosional dan perasaan. Penjelasan ilmiahnya bisa juga dibaca di perpustakaan ITB yang mengambil obyek teman-teman mahasiswa.

PD yang seperti apa yang harus dimiliki? Hmmm, tergantung sama pribadinya masing kali ya, cuma pas dan tidaknya tergantung sama penonton atau yang liat. Yang kurang PD bisa dinilai minder biasanya pake acara grogi kalo di depan publik, jangankan di depan publik depan cewek aja grogi, apalagi kalo mau ada acara penembakan, hehehe…. pengalaman pribadi kali, tapi rata-rata emang gitu kali ya. Kalo ga pake grogi mungkin masuk kelas Crocodylus Daratistus (Buaya darat), yang tersinggung berarti iya, so jangan tersinggung yak.

Buat yang over PD, biasanya disebut narsis. Asal mula narsis bisa dibaca di blog Mahesa Jenar saya rasa sudah cukup jelas dan menjelaskan. Lain Mahesa jenar lain lagi dengan KOMPAS yang mengupas tuntas tentang narsisme yang sudah melanda kawula muda bangsa ini, yang dengan girangnya mereka memamerkan bagian tubuh mereka. Bahkan sering kita jumpai dijalan kalo ada cewek yang pake baju adiknya, kalo pas jalan atau pake motor nih mereka kadang terlihat risih dilihat dari beberapa kali terlihat narik baju bagian belakang biar bagian punggunya ga keliatan. Lha ini yang salah yang pake baju atau yang (ga sengaja) ngeliat?? Ah ngomongin jaman sekarang bisa stress dewe(=sendiri), masih mending itu pake baju lha kalo ga, apa ga tambah freeport.

Pada hakikatnya PD itu perlu, tapi yang proporsional dan kata orang jawa bilang pan papan(=tau tempat). Bagi yang masih merasa minder atau grogi mungkin sudah banyak yang ngasih tips, ada dudung.net dan banyak lagi.

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s